Trump Sebut Jokowi Presiden Terbaik di Dunia? Ini Faktanya


 Beredar sebuah foto Presiden Joko Widodo bersama Presiden Amerika Serikat Donald Trump tengah berfoto berdua. Foto tersebut dinarasikan Donald Trump menyebut Jokowi presiden terbaik di dunia.
 
Akun Facebook atas nama Priswadi Sudami membagikan foto ini pada 8 September 2020. Dalam foto tersebut Presiden Donald Trump berpose sambil memberikan gestur tangan inbu jarinya.
 
Dalam foto tersebut terdapat narasi tulisan "Your is the best in the world Mr Presiden".


[Cek Fakta] Trump Sebut Jokowi Presiden Terbaik di Dunia? Ini FaktanyaPenelusuran:
Dari haisl penelusuran tim cek fakta medcom.id, klaim Donald Trump menyebut Jokowi Presiden presiden terbaik di dunia adalah salah. Faktanya, foto tersebut adalah pertemuan Jokowi dan Donald Trump di sela-sela pertemuan di Osaka, Jepang dan tidak ada ucapan Donald Trump terkait hal itu.
 
Dilansir dari Liputan6.com, Presiden Joko Widodo berkesempatan berbincang dengan para pemimpin dunia lainnya, termasuk Presiden Amerika Serikat Donald Trump di pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Osaka, Jepang, Jumat, 26 Juni 2019.
 
Saat menunggu di Leader's Area, Jokowi berkesempatan berbicara dengan para pemimpin negara dari negara-negara G20 dalam suasana yang akrab.
 
Di tengah perbincangan, Trump tampak mengambil sekotak permen dari kantong jasnya. Dia lantas memberikan permen ke Jokowi dan beberapa kepala negara lainnya.
 
"Presiden Amerika Serikat Donald Trump berbagi permen kepada yang lain ????," sambung Jokowi.
 
Jokowi menerima permen pemberian Trump tersebut dan langsung mengunyahnya. Setelah perbincangan tersebut, Jokowi dan Trump menyempatkan foto bersama. Berpose sambil tersenyum, Trump terlihat mengacungkan jari jempol kanannya dan Jokowi.
 

[Cek Fakta] Trump Sebut Jokowi Presiden Terbaik di Dunia? Ini Faktanya
 
Dilansir dari Detik.com, di dalam ruangan eksklusif tersebut Jokowi pun bertemu dengan para pemimpin negara G20, di antaranya PM Australia Scott Morrison, PM Kanada Justin Trudeau dan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammad Bin Salman. Jokowi berbincang-bincang dengan para pemimpin negara tersebut, termasuk dengan Putra Mahkota Mohammad Bin Salman dan Presiden AS Donald Trump.
 
Jokowi juga berbincang dengan Presiden China Xi Jinping dan Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde.
 

[Cek Fakta] Trump Sebut Jokowi Presiden Terbaik di Dunia? Ini Faktanya
 
Kesimpulan:
Klaim Donald Trump menyebut Jokowi Presiden presiden terbaik di dunia adalah salah. Faktanya, foto tersebut adalah pertemuan Jokowi dan Donald Trump di sela-sela pertemuan di Osaka, Jepang dan tidak ada ucapan Donald Trump terkait hal itu.
 
Informasi ini jenis hoaks Imposter content (konten tiruan). Imposter content terjadi jika sebuah informasi mencatut pernyataan tokoh terkenal dan berpengaruh. Tidak cuma perorangan, konten palsu ini juga bisa berbentuk konten tiruan dengan cara mendompleng ketenaran suatu pihak atau lembaga.